ABSTRACT

Tren literasi anak-anak di sekolah saat ini mengalami transformasi yang signifikan karena pengaruh teknologi dan perubahan budaya. Di era digital, anak-anak terlibat dalam berbagai bentuk literasi yang melampaui tradisi membaca dan menulis. Media sosial, platform video, dan perangkat pintar telah mengubah cara anak-anak berinteraksi dengan informasi. Sekolah perlu mendorong kreativitas, kritis berpikir, dan kesadaran digital. Dengan cara ini, anak-anak dapat meraih potensi positif dari perkembangan literasi yang terus berubah di era modern. Kegiatan literasi dapat membantu peserta didik dalam membedakan dan menyaring sumber informasi yang tidak terbatas di sekitar mereka sehingga mampu mendatangkan manfaat yang baik. Gerakan literasi secara tidak langsung melatih anak untuk memahami pelajaran di sekolah. Pengetahuan baru yang didapatkan mereka dalam gerakan literasi, selain menambah wawasan, juga dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dengan lebih percaya diri.

Keywords: literasi, pendidikan, anak

 

REFERENCES

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: Pilar Nusantara.

Bashits, A., & Amin, S. (2017). The Effect of Problem Based Learning on EFL Students’ Critical Thinking Skill and Learning Outcome. AL-TA’LIM JOURNAL, 24(2), 93-102. doi:http://dx.doi.org/10.15548/jt.v24i2.271

Clay, M. (2021). Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.

Elfrianto, Nasrun, & Arifin, M. (2023). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Medan: Umsu Press.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Sleman: Deepublish.

Halim, M. (2023). Tantangan-Tantangan Literasi Digital di Era Sekarang ini. Diambil kembali dari aksaramaya: https://aksaramaya.com/tantangan-tantangan-literasi-digital-di-era-sekarang-ini/

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: Kanisius.

Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abada 21). Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.

Widyastuti, D. A., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, 3(1), 1-15.

 

HOW TO CITE

Taranggani, Sabina. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Gerakan Literasi di Kelas VI di SD Strada Wiyatasana. Jakarta: SD Strada Wiyatasana.

.

DOWNLOAD : PDF

 

.

Sebarkan artikel ini