ABSTRACT
Tren literasi anak-anak di sekolah saat ini mengalami transformasi yang signifikan karena pengaruh teknologi dan perubahan budaya. Di era digital, anak-anak terlibat dalam berbagai bentuk literasi yang melampaui tradisi membaca dan menulis. Media sosial, platform video, dan perangkat pintar telah mengubah cara anak-anak berinteraksi dengan informasi. Sekolah perlu mendorong kreativitas, kritis berpikir, dan kesadaran digital. Dengan cara ini, anak-anak dapat meraih potensi positif dari perkembangan literasi yang terus berubah di era modern. Kegiatan literasi dapat membantu peserta didik dalam membedakan dan menyaring sumber informasi yang tidak terbatas di sekitar mereka sehingga mampu mendatangkan manfaat yang baik. Gerakan literasi secara tidak langsung melatih anak untuk memahami pelajaran di sekolah. Pengetahuan baru yang didapatkan mereka dalam gerakan literasi, selain menambah wawasan, juga dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dengan lebih percaya diri.
Keywords: literasi, pendidikan, anak
REFERENCES
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: Pilar Nusantara.
Bashits, A., & Amin, S. (2017). The Effect of Problem Based Learning on EFL Students’ Critical Thinking Skill and Learning Outcome. AL-TA’LIM JOURNAL, 24(2), 93-102. doi:http://dx.doi.org/10.15548/jt.v24i2.271
Clay, M. (2021). Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.
Elfrianto, Nasrun, & Arifin, M. (2023). Buku Ajar Manajemen Pendidikan. Medan: Umsu Press.
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Sleman: Deepublish.
Halim, M. (2023). Tantangan-Tantangan Literasi Digital di Era Sekarang ini. Diambil kembali dari aksaramaya: https://aksaramaya.com/tantangan-tantangan-literasi-digital-di-era-sekarang-ini/
Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: Kanisius.
Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abada 21). Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.
Widyastuti, D. A., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, 3(1), 1-15.
HOW TO CITE
Taranggani, Sabina. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Gerakan Literasi di Kelas VI di SD Strada Wiyatasana. Jakarta: SD Strada Wiyatasana.
.
DOWNLOAD : PDF
.
Terima kasih sudah berbagi.
Informasi yang bermanfaat. Semangat memajukan anak bangsa!
Terima kasih Bu.
Terima kasih karena sudah berbagi dengan kami
Jadwal kunjungan ke perpustakaan perlu digalakkan kembali.
Perlu banyak baca nih
Terima kasih untuk berbagi dengan kami
Guru juga perlu diberikan pengetahuan tentang literasi
Setuju. Anak diberi keleluasaan untuk berkreasi dg memanfaat media informasi yg tersedia sesuai tuntutan kemajuan teknologi dan jaman.
Terima kasih sudah berbagi. Literasi memang penting untuk anak-anak dan juga orang dewasa ????
I truly appreciate this post. I have been looking all over for this! Thank goodness I found it on Bing. You’ve made my day! Thank you again